Sabtu, 14 Januari 2012

PELUNCURAN BUKU "DINAMIKA KOMUNIKASI POLITIK"



Kiri ke kanan: Pung Purwanto (Wapimred Koran SINDO, Idy Muzayyad (Komisioner KPI Pusat), Teresia Pardede (Anggota DPR-RI/Selebritis), Wanda Hamidah (Anggota DPRD DKI/Selebritis), Gun Gun Heryanto (Penulis Buku Dinamika Komunikasi Politik), Iding R Hasan (Deputi Direktur The Political Literacy Institute) dan Heru Sutadi (Badan Regulasi Telematika Indonesia/BRTI), dalam Launching buku "Dinamika Komunikasi Politik", Selasa 13 Desember 2011 di kampus UIN Jakarta

Tangsel-Pengurus Pusat Pengkajian Komunikasi dan Media (P2KM) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta bekerjasama dengan The Political Literacy Institute mengadakan bedah buku “Dinamika Komunikasi Politik” karya Gun Gun Heryanto. Kegiatan ini diselenggarakan pada Selasa, 13 Desember 2011 di ruang Theater Prof. Dr. Aqib Suminto lantai 2 Gedung Fidkom UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Penyelenggaraan bedah buku ini merupakan satu kesatuan utuh dari gerakan literasi politik. Beragam peristiwa dibingkai dan diulas secara bernas. Tentunya, hampir setiap bahasan di buku tersebut, pekat dengan beragam analisis faktual, konseptual sekaligus ilmiah dari perspektif komunikasi politik yang sudah lama menjadi perhatian utama penulis. Jika meletakkannya dalam khazanah pengetahuan komunikasi politik, buku ini memiliki posisi strategis yakni menjadi semacam potret atas sejumlah peristiwa yang berlangsung di masa lalu, saat ini juga prediksi perulangannya di masa mendatang. Penulis termasuk akademisi yang mempercayai berbagai dinamika politik yang terjadi kerap mengalami pengulangan model atau modus meski melibatkan tokoh-tokoh dan zaman berbeda.

Bagi civitas akademia, buku semacam ini akan memperkaya tautan teori dan konseptual karena hampir setiap bagian tulisan selalu berorientasi pada isu-isu kontemporer yang menghiasai diskursus media massa. Penulis mengajak peserta bedah buku untuk sama-sama memahami pola yang terjadi pada setiap kejadian atau peristiwa politik dalam rentang waktu 2010 hingga 2011. Bagi Gun Gun Heryanto, ini merupakan karya ketiganya. Buku pertama berjudul “Komunikasi Politik di Era Industri Citra” rilis tahun 2010. Buku Kedua berjudul “Studi Pada Pemberitaan Kasus Century” (2011). Sementara buku “Dinamika Komunikasi Politik” yang kali ini dibedah merupakan buku ketiganya. Dalam waktu dekat, Gun Gun juga akan meluncurkan buku baru lagi berjudul “Komunikasi Politik: Sebuah Pengantar” yang jeda penerbitanya tidak akan berjauhan dengan penerbitan buku “PR Politik” yang merupakan karya dari penulis yang sama.


Buku "Dinamika Komunikasi Politik" Karya Gun Gun Heryanto, Diterbitkan PT. Lasswell Visitama Jakarta, November 2011

Buku ini terdiri dari 7 bab yang memiliki keterhubungan satu sama lainnya. Bab pertama terdiri dari “Manuver Politik dalam Kontestasi Partai Politik”, bab kedua “Erosi Citra Kinerja DPR”, bab ketiga “Performa Komunikasi Politik SBY”, bab keempat “Hiperialitas Politik di Media Massa”, bab kelima “Transformasi Literasi Politik”, bab keenam “Rivalitas dalam Regulasi Politik”, bab ketujuh “Refleksi Komunikasi Politik Internasional”. Keseluruhan bab menjadi potret politik yang dinamis dan terbingkai dalam kajian komunikasi politik.

Para pembahas dalam Bedah buku "Dinamika Komunikasi Politik"

Prof Andi Faisal Bakti, Ph.D Guru Besar Ilmu Komunikasi UIN Jakarta, mengatakan “buku ini diharapkan dapat menjadi sumbangsih komunikasi politik pada perbaikan negeri ini”. Sementara itu, penulis yang juga kandidat Doktor Ilmu Komunikasi politik UNPAD Bandung -mendedikasikan waktu, tenaga, dan pikirannya untuk membangun politik yang sehat dan berdaya melalui buku ini. Dalam kapasitasnya sebagai penulis, Gun Gun memaparkan bahwa buku ini sejak awal diposisikan sebagai potret beragam peristiwa yang terjadi dalam dinamika politik nasional maupun global. Layaknya sebuah potret tentu tidak akan semua ‘angel’ bisa dicover penulis sehingga menjadi rekomendasi angel baru dalam pengembangan literatur komunikasi politik di masa mendatang.

Teresia Pardede, Anggota DPR-RI Fraksi Partai Demokrat sedang membahas buku "Dinamika Komunikasi Politik" karya Gun Gun Heryanto

Narasumber yang hadir dalam bedah buku ini antara lain Wanda Hamidah, SH, M.Kn (DPRD-DKI) Theresia Pardede, S.Sos (Anggota DPR-RI), Ir. Heru Sutadi. M.Si (Badan Regulasi Telematika), Pung Purwanto, S.Sos (Wakil Pimpinan Redaksi Harian Seputar Indonesia), Idy Muzayyad (Komisi Penyiaran Indonesia Pusat), dan dimoderatori oleh Iding R. Hasan, M.Si (Diputi Direktur The Political Literacy Institute). Turut hadir membedah buku ini Prof. Andi Faisal Bakti, MA, Ph.D(Guru Besar Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Partisipan bedah buku beragam mulai dari mahasiswa, pers, para dosen, penggiat kajian, aktivis forum mahasiswa, utusan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dll.

Para peserta bedah buku "Dinamika Komunikasi Politik" di Ruang Teater Prof. Aqib Soeminto, Fidkom UIN Jakarta, 13 Desember 2011

Bagi The Political Literacy Institute acara ini diposisikan sebagai upaya pengarusutamaan literasi politik. Bedah buku kali ini, diharapkan dapat menularkan semangat pencerahan dan penguatan basis politik kewargaan, sehingga kantong-kantong civil-society bisa bertahan di tengah dominasi partai politik. Buku ini bisa diakses di beberapa toko buku dan untuk pemesanan langsung bisa di nomer kontak 081314272883 atau di email markom@lasswellvisitama.com (*Pan)


1 komentar:

kangtoni mengatakan...

antusias sekali peserta yang hadir. Sayang saya tidak bisa hadir saat itu. Kabarnya sudah ada buku baru ya pa Gun? Boleh tuh dikirim ke Bandung. hehehe...